14 Karakter Pemimpin Untuk Perkembangan Bisnis

Anda juga harus dapat menjadi contoh yang baik dan menjadi sahabat bagi seluruh karyawan Anda. menguasai dan mengenal potensi dalam dirimu, sehingga saat terjadi sebuah masalah, kamu menanganinya dengan rasa yakin dan berani mewujudkan mimpi. Seorang pemimpin nggak hanya memerintah saja, tapi kamu mampu mendengarkan kendala dan keluh kesah mereka. Setelahnya, kamu akan memberikan saran yang kamu bisa untuk kembali meningkatkan kinerjamu. mengalihkan tanggung jawab atas proses pembuatan keputusan dan pelaksanaannya ke anggota.

Manusia tercipta sebagai makhluk sosial yang artinya manusia ditakdirkan untuk saling bekerja sama dalam mencapai tujuan hidupnya untuk memperoleh hasil yang maksimal. Sebagai pemimpin, kita harus mampu membangun kerja sama dengan menyatukan perbedaan yang ada. Komunikasi mempunyai peran penting dalam memengaruhi pikiran setiap individu. Kekuatan bahasa mampu mengubah pikiran atau suasana hati seseorang, begitupun dengan komunikasi yang dilakukan antara pemimpin dengan para bawahannya. Seorang pemimpin akan menghargai kerja keras pegawai atau anggota timnya.

Ini tidak berarti bahwa Anda harus terlalu percaya diri, tetapi Anda setidaknya harus mencerminkan tingkat kepercayaan yang diperlukan untuk memastikan bahwa pengikut Anda mempercayai Anda sebagai pemimpin. Dengan tidak memiliki manajemen waktu yang baik, mungkin saja seluruh pekerjaan Anda akan berantakan dan seluruh tenggat waktu yang telah ditentukan akan mundur. Sikap pemimpin yang baik harusnya memiliki selera humor yang bagus agar tim tidak terlalu kaku. Sikap percaya diri dapat membantu para karyawan untuk tetap melihat positif ke depan.

Sebuah studi Gallup baru-baru ini menemukan bahwa wanita yang memiliki teman terbaik di tempat kerja lebih dari dua kali lebih mungkin untuk terlibat daripada wanita yang tidak. Pemimpin sekarang dihadapkan dengan membina lingkungan yang sehat bagi karyawan yang bahagia untuk mencapai tingkat produktivitas yang tinggi. Ketika sebuah ide muncul, dia memiliki empat pertanyaan sederhana untuk meminta karyawannya untuk menentukan apakah itu akan dikejara atau tidak. Seorang pemimpin hendaknya mampu melihat sesuatu sesuai dengan tempatnya. Contoh kecilnya, seseorang tidak boleh mencampurkan antara masalah inner dengan masalah eksternal yang dialami dirinya dengan orang lain.

Untuk itu pupuklah kualitas yang tersebut di atas lalu aplikasikan dalam keluarga Anda. Untuk bisa memimpin dengan baik maka Anda harus bisa menetapkan visi dan membagikannya dengan seluruh tim. Seorang pemimpin yang efektif bisa melihat suatu hal dalam gambaran besar. Belajar untuk berkomunikasi untuk mengukur objective dan titik pencapaian yang sudah ditentukan. Dengan kejelasan visi ini, bukan hanya di saat menyenangkan tetapi juga di saat sulit, Anda akan menginspirasi dedikasi orang lain.

Tidak hanya itu, orang-orang atau anggota dari pemimpin ini akan mudah untuk mematuhi, mengikuti dan mengambil tindakan atas apapun yang diperintahkan oleh pemimpinnya. Sekadar menyuruh orang lain bekerja dalam suatu sistem tidak lagi memadai, tetapi seorang pemimpin harus mengimplementasikan sifat-sifat kepemimpinan dalam kesehariannya. Kriteria kepemimpinan ketiga yang harus dimiliki setiap pemimpin hebat adalah memiliki ketekunan yang tinggi. Visi yang hebat tidak memberikan jaminan apapun bahwa pemimpin dan pengikutnya akan mencapai tujuan dengan mudah. Namun, ketekunan yang dimiliki seorang pemimpin akan mendorong mereka untuk bisa sampai ke tujuan bersama. Ketekunan disini juga bisa diartikan sebagai sikap yang pantang menyerah.

Kemampuan bekerja sama dengan orang lain sekaligus melakukan koordinasi tugas dengan teman satu tim merupakan salah satu bentuk kepemimpinan. Seorang pemimpin yang baik, tentunya akan menggunakan bahasa yang sopan dan tegas dalam menyampaikan perintah. Jujur adalah keberanian untuk mengungkapkan sesuatu sesuai dengan kondisi sebenarnya. Tidak ada seorangpun yang mau rugi dan dirugikan, pemimpin yang baik harus mampu menciptakan suatu kondisi win-win answer jika terdapat suatu masalah di dalam perusahaan.

Salah satu alasan kuat yang membuat banyak orang mengikuti dan patuh terhadap nasihat dan kebijakan-kebijakan yang disampaikan oleh seorang pemimpin adalah karisma. Karisma itu bagaikan magnet yang sangat memikat dan membuat banyak orang terhipnotis dengan segala ucapan dan tindakan yang dilakukan oleh seorang pemimpin. Seorang pemimpin tidak saja dituntut untuk mampu membuat rencana-rencana dan melaksanakan rencana tersebut, tetapi juga harus mampuan untuk memutuskan segala sesuatu yang perlu. Setiap pemimpin perlu menciptakan kesan-kesan yang baik dalam kelakuan, pembawaan dan tingkah laku pribadi pada setiap saat, sehingga berpengaruh terhadap anak buah/bawahan. Dengan bahasa dapat juga digunakan untuk menanamkan pengaruh terhadap bawahan. Untuk itu, hendaknya berbicara dengan jelas dan sederhana dengan kalimat yang jelas, positif dan langsung.

Itulah karakter yang harus Anda tahu dan Anda terapkan ketika Anda menjadi seorang pemimpin. Pemimpin adalah kunci sebuah keberhasilan setiap karyawan, dengan tidak adanya pemimpin, maka setiap visi dan misi yang akan dilakukan itu semua tidak akan terlaksana dengan baik tanpa adanya arahan yang diberikan oleh pemimpin. Jika seorang pemimpin tidak memiliki ide kreatif, perusahaan yang dijalankan pasti akan mengalami hambatan. Menjadi seorang leader, berarti Anda harus mengetahui dan memahami kondisi yang terjadi dengan baik, mulai dari konsep, kelebihan dan kekurangan bisnis, hingga kondisi masing-masing karyawan yang Anda miliki. Oleh karena itu, seorang pemimpin harus bisa membangun tim dengan baik dan stable.

Mempunyai sifat kepemimpinan

Sedangkan pemimpin selalu melihat ada setiap kemungkinan dalam segala situasi. Bila ada kondisi yang salah, pemimpin tidak terpaku pada hal-hal buruk melainkan berusaha mencari cara atau peluang untuk membuat hal-hal yang lebih baik. Jika yakin kita harus lakukan segera, jika tidak yakin jangan dilakukan. Yang paling penting adalah kita harus bersikap tegas dulu sama diri sendiri, setelah itu baru sama orang lain.

Tagged: Tags